Minggu, 22 April 2012

BAHASA


PENGRAJIN?

Bahasa Indonesia tidak semata-mata terbentuk dengan sendirinya. Adanya proses penyerapan dari bahasa asing untuk memperkaya khasanah leksikon bahasa Indonesia. Namun, dalam pembentukan bahasa Indonesia tidak semata-mata dibentuk dengan tujuan menghasilkan kosakata baru, ada kaidah yang terdapat dalam pembentukan bahasa Indonesia. Terkait proses pembentukan bahasa ini dikaji dalam aspek linguistik yaitu bidang morfologi. menurut Chaer (2008:25) proses morfologi adalah proses pembentukan kata dari sebuah bentuk dasar melalui pembubuhan afiks, pengulangan (reduplikasi), penggabungan (komposisi), pemendekan (akronimisasi), dan pengubahan status (konversi). Dalam proses morfologi dikenal proses morfofonemik yaitu terjadinya perubahan bunyi atau perubahan fonem sebagai akibat dari adanya proses morfologi. Dalam proses morfofonemik terjadi beberapa perubahan fonem yaitu penambahan fonem, pelesapan fonem,  peluluhan fonem, perubahan fonem, dan pergeseran fonem.
Bagaimana dengan kata pengrajin? Kata-kata ini sering kita dengar di siaran-siaran berita di televisi. Terkadang, kata-kata yang sudah familiar kita dengar dianggap sebagai kata baku. Tolak ukur untuk mengetahui baku dan tidaknya sebuah kata kita bisa menggunakan KBBI. Kata jadian pengrajin proses pembentukan kata melalui proses afiksasi (prefiks peN-). prefiks peN- mempunyai alomorf pe-, pem-, pen-, peng-, peny- dan penge-. Kata pengrajin secara proses pembentukan kata menyalahi kaidah morfofonemik, karena prefiks peN- akan membentuk alomorf peng- apabila bentuk dasarnya berupa bentuk dasar satu suku kata, misalnya:
peN- + cor = pengecor
peN- + bor = pengebor
Kata jadian yang berasal dari kata rajin adalah perajin bukan pengrajin. Hal ini dibuktikan dengan bentukan morfem dari prefiks peN- + rajin = perajin. Proses perubahan fonem pada prefiks peN- menjadi pe- apabila bentuk dasarnya diawali dengan konsonan /r/, /l/, /y/, /m/, /n/, /ng/, dan /ny/, misalnya:
peN- + rajin = perajin
peN- + rawat = perawat
Jadi bentuk kata jadian dari morfem prefiks peN- + rajin adalah perajin bukan pengrajin.


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar